Tugas PKKMB DAY 4

 



Nama : Rachma Aliefia Putri

Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Prodi : S1 PG PAUD

No Pendaftaran : 22103140

https://unusa.ac.id/

Media Sosial 

Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Instagram: https://instagram.com/unusa_official?igshid=YmMyMTA2M2Y=


Tema              : Pengenalan Kepaudan dan Pemahaman Kurikulum Paud 

Narasumber : Ibu Utin Ritayanti 


Pengenalan

Pengenalan kepaudan dan pemahaman kurikulum paud kurikulum ada 3 :

1.Kurikulum 2013/20142

2.Kurikulum Merdeka

3.Kurikulum Kesederhanaan atau darurat


Pendidikan anak usia dini, atau biasa disingkat PAUD, adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.


Pendidikan anak usia dini bertujuan:

1. membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab; da


2. mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetis, dan sosial peserta didik pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan

Ruang lingkup PAUD

1.PAUD Formal

2.PAUD non formal

3.PAUD Informal


Lingkup kurikulum PAUD 2013

1.Kurikulum PAUD 2013_kurikulum nasional

2.Ktsp_kurikulum lembaga

3.RPPM


Landasan pengembangan kurikulum PAUD

1.Landasan filosofis

2.Landasan sosiologis

3.Landasan psikologis, pedagogis

4.Landasan teoritis 

5.Landasan yuridis


Struktur kurikulum PAUD 

-Kesiapan belajar anak usia dini

Kompetensi = sikap, pengetahuan, keterampilan



Tema              : Antropologi Kampus

Narasumber : BPK M.Syaikhon S.N.I.M.H.I


•Antropologi kampus merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan manusia di dalam kampus segala aspek-aspek di dalamnya. Dalam dunia kampus pasti tidak akan pernah lepas dari kata mahasiswa. Mahasiswa merupakan komponen utama, karena disitulah para mahasiswa itu berproses mengembangkan dirinya.

•Sebagai seorang terpelajar dan bagian masyarakat, mahasiswa memiliki peran yang kompleks dan menyeluruh sehingga dikelompokkan dalam tiga fungsi yaitu agent of change, social control and iron stock. Dengan fungsi tersebut, tentu saja tidak dapat dipungkiri bagaimana peran besar yang diemban mahasiswa untuk mewujudkan perubahan bangsa. 

•Pengaruh gaya hidup hedonis sangat luar biasa dahsyatnya pada segala segi kehidupan, termasuk pada dunia pendidikan tinggi. Akibatnya, generasi muda mulai mengesampingkan spiritnya untuk terus meningkatkan kualitas diri sebagai generasi yang nantinya bertanggungjawab terhadap negara dan bangsa. 

Sebagai mahasiswa perlu memahami tipe-tipe dari mahasiswa, sehingga mampu menempatkan dirinya dalam tipe yang seperti apa. Berikut tipe mahasiswa yang perlu diketahui sebagai berikut :

1.Mahasiswa akademis biasanya mereka menonjol dalam bidang nilai akademik. Waktunya banyak digunakan untuk belajar, kerja kelompok, mengerjakan tugas dan menuntut ilmu. Parahnya mereka kuliah hanya berorientasi kepada nilai saja


2. Mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah pulang- Kuliah pulang)Mahasiswa kupu kupu adalah mahasiswa yang berkegiatan kuliah namun setelah usai kuliah, Kemudian ia langsung ulang Bukan berarti mahasiswa ini kurang kesibukan, tapi bisa jadi karena sumber kesibukannya ada di rumah.


3. Mahasiswa Kuda-kuda ( Kuliah Dagang- Kuliah Dagang)Mahasiswa yang satu ini terbilang mahasiswa yang unik karena di tengah tengah kesibukannya menjadi mahasiswa ia pun harus mencari rezekinya sendiri demi kehidupan kesehariannya agar tidak membebankan orang tuanya.


4. Mahasiswa Kura-Kura (Kuliah Rapat Kuliah rapat)Mahasiswa yang satu ini adalah mahasiswa yang menyibukkan diri untuk mencari ilmunya di luar kelas, karena mereka berfikir bahwasanya ilmu itu di dapat tidak hanya di dalam Kelas saja tetapi dalam lingkungan sekitar kita pun bisa menjadi ilmu yang bersifat sosial.


5. Mahasiswa Kunang-Kunang (Kuliah Nangkring- Kuliah nangkring)Ada banyak tempat buat nangkring untuk mahasiswa, mulai dari warteg, warkop, pinggir jalan dengan abang-abang jualan pentol sampai taman kota dengan wi-fi gratis. Semua tempat itu digunakan untuk sekedar duduk, minum kopi, makan jajan bersama, Tanpa Memikirkan Lingkungan Sekitar nya, berbeda Dengan Mahasiswa Kura-Kura.


6. Mahasiswa Kuman- Kuman (Kuliah Main- Kuliah Main)Tempat main yang recomended banyak diminati oleh kalangan kalangan mahasiswa untuk bermain mengunjungi tempat itu, tapi mahasiswa yang seperti inilah mahasiswayang mementinkan dirinya sendiri asal dia senang apapun dilakuinya, kira kira kalian termasuk tidak ya ?


7. Mahasiswa AktivisAktivis adalah mereka yang aktif secara akademis dan organisasi, untuk berafiliasi kepada kalangan mana saja demi sebuah cita-cita perubahan bersama serta tujuan Utamanya adalah kematangan diri melalui pencarian jati diri.Dalam dunia kampus terdapat sebuah adat, susunan masyarakat dan ciri fisik. Dinamika kehidupan kampus yang harus kita ketahui yakni adanya birokrasi, pendidikan Formal dan teknisi, ket 


Pemateri : BPK Brian Purli Abrianto 

Administrasi Akademik

Ada 3 point : 

1.Status

2.Target

3.Realtme

•SIM(sistem informasi, manajemen, universitas Nahdhatul ulama Surabaya)

•KSP_kartu rencana prestasi 

•Mencari informasi SIM unusa


Tema              : Pengenalan Prodi

Narasumber : BPK Danang Rohman Sholeh


-Mengapa paud menjadi sangat penting...

-Memegang peranan yang sangat penting dalam mengembangkan dan menyiapkan pribadi anak secara utuh dan menyeluruh

-Menentukan perjalanan dan masa depan anak secara keseluruhan

-Menjadi pondasi anak bagi pendidikan selanjutnya


Visi S1PGPAUD

Menjadikan program studi yang profesional, unggul, menguasai Ipteks, berjiwa wirausaha dan berhati diri islami ditingkat nasional pada tahun 2020, ditingkat regional tahun 2030 dan tingkat internasional


Misi S1PGPAUD

-Melaksanakan pendidikan Paud

-Penelitihan paud

-Pengabdian masyarakat 


Tujuan S1PGPAUD

-Menghasilkan kelulusan yang intelektual, profesional

-Penelitian yang berkualitas



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas PKKMB DAY 1

Tugas PKKMB DAY 2